Cara Mudah Mencegah Smartphone Hilang Karena Pencurian


Cara Mencegah Agar Smartphone Tidak Hilang Karena Pencurian - Untuk mendapatkan atau membeli smartphone mungkin setiap orang bisa membelinya sesuai dengan kemampuan masing-masing, Tapi setelah kita memilikinya tugas kita selanjutnya adalah menjaga smartphone agar tidak hilang atau dicuri oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Di beberapa negara seperti negara berkembang kasus pencurian smartphone seperti penjambretan sering sekali terjadi karena sikap pemilik yang kurang berhati-hati. Sering kita jumpai para remaja menggunakan smartphone android ditempat umum dengan gaya yang lupa dengan lingkungan sekitar membuat para pencuri lebih mudah melakukan aksisnya.

Dalam kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit tips bagaimana cara mencegah pencurian hp android yang akhir-akhir ini marak terjadi.
Baca : Mengetahui fungsi NFC di Smartphone
Baca : Cara mengisi baterai smartphone yang baik dan benar
Baca : Cara akurat cek samsung asli atau palsu

Langkah Aman Mencegah Pencurian Smartphone

Untuk mencegah smartphone anda agar tidak mudah di curi oleh orang lain di bawah ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan, cukup mudah tapi ini penting untuk dilakukan agar anda terhindar dari tindak pencurian smartphone.

1. Selalu Aktifkan GPS Atau Location Di Smartphone Android

Setiap perangkat ponsel khususnya smartphone yang sudah dilengkapi dengan fitur canggih pastinya sudah memiliki menu untuk meng-aktifkan GPS atau location, fitur ini biasa digunakan untuk memberi sinyal yang bisa langsung terhubung ke satelit untuk menentukan lokasi smartphone. Atau biasanya banyak orang menggunakan fitur GPS untuk mencari jalan menggunakan google map.

Seandainya anda menjadi korban pencurian maka dengan mudah anda bisa melacak keberadaan smartphone tersebut jika GPS pada smartphone tersebut aktif. Anda bisa melacak smartphone menggunakan Find My Device di PC menggunakan akun google yang sama pada smartphone untuk melacak jejak terakhir lokasi smartphone.

Maka dari itu untuk mencegah kehilangan smartphone anda harus selalu meng-aktifkan fitur GPS atau location di smartphone.

2. Pastikan Smartphone Android Selalu Didekat Anda

Kasus kehilangan smartphone selalu di dominasi oleh karena pemilik meninggalkan smartphone nya di tempat umum. Hal ini sering terjadi ketika anda sedang duduk di cafee atau rumah makan lalu pergi begitu saja tanpa mengecek barang bawaan anda dan meninggalkan smartphone di meja tempat anda duduk.

Jika ini terjadi sudah dipastikan akan memicu niat jahat seseorang untuk mengambil smartphone tersebut yang pada akhirnya akan merugikan anda sendiri. Jadi pastikan smartphone selalu ada di dekat anda atau berada pada saku celana yang anda gunakan.

3. Jangan Menggunakan Smartphone Saat Berjalan

Hindari untuk menggunakan smartphone seperti membalas chat atau bermain sosmed saat berjalan di tempat umum agar anda terhindar dari tindak pencurian. selain mengganggu pengguna jalan lain, pastinya kamu tidak akan fokus dengan lingkungan sekitar yang kapan saja bisa terjadi penjambretan seperti tiba-tiba smartphone dirampas oleh orang yang tidak dikenal.

4. Tetap Fokus Saat Di Tempat Umum

Ditengah perkembangan teknologi saat ini seperti Go Car, Grab dan uber tentunya masih ada saja yang setia menggunakan angkutan umum. Apalagi di negara maju, angkutan umum seperti kereta bawah tanah masih saja memiliki pelanggan setia untuk menghindari macet yang selalu menjadi masalah utama di setiap negara.

Ketika berada di kendaraan umum, pastikan fokus tetap terjaga dan selalu perhatikan lingkungan disekitar anda karena di angkutan umum tersebut terdapat berbagai macam orang dengan berbeda beda karakter dengan kepentingan berbeda.

Jaga selalu barang berharga dan smartphone anda untuk menghindari pencurian smartphone di tempat umum.

5. Selalu Aktifkan Fitur Kunci Smartphone

Malas mungkin sebuah alasan klasik seseorang untuk tidak menggunakan kunci pada smartphone, ya memang jika kita menggunakan kunci layar pada smartphone akan sedikit repot karena selalu memasukan password ketika ingin membuka layar.

Tapi saya rasa jika anda sudah terbiasa hal ini tidak akan menjadi masalah.

Jangan jadikan malas menjadi sebuah petaka ketika smartphone telah dicuri maka data-data privasi anda diketahui pencuri dan bisa saja akan tersebar di dunia maya yang bisa di jadikan ancaman untuk memeras anda..

Jadi pastikan smartphone menggunakan kunci layar untuk menghindari pencurian data pada smartphone anda.

6. Selalu Instal Android Device Manager Pada Smartphone

Jika fitur kunci smartphone telah aktif pada smartphone, maka jangan lupa untuk selalu instal android device manager pada smartphone.

Bahkan ketika smartphone kamu telah dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab kamu masih bisa memiliki kendali penuh pada smartphone seperti mengunci, melacak lokasi smartphone, hingga menghapus semua data-data penting yang tersimpan dengan menggunakan layanan google find my device yang terhubung oleh aplikasi Android Device Manager yang ada di smartphone.

Mungkin anda bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang cara melacak smartphone yang hilang menggunakan layanan dari google.

7. Selalu Menggunakan Headset Di Tempat Ramai

Selalu menggunakan headset ditempat umum untuk mencegah pencurian smartphone adalah salah satu trik yang biasa saya gunakan dengan alasan tidak menggunakan headset yang sangat mencolok.

Cukup gunakan headset sederhana dan hidupkan musik dengan volume standar untuk mengetahui smartphone anda tetap berada pada saku anda. Anda juga tidak perlu mengeluarkan smartphone jika ada telepon yang masuk untuk menghindari penjambretan secara tiba-tiba.

Pastinya jika ada seorang yang berniat mencuri smartphone maka pastinya anda akan langsung sadar karena ada headset yang terhubung dengan smartphone tersebut.

Sampai disini sekian dulu sedikit tips dari saya tentang cara menghindari smartphone hilang karena pencurian, jika ada saran dan pengalaman lain yang anda ketahui bisa share di kolom komentar agar kita saling sadar dan waspada dengan kasus pencurian smartphone yang lebih marak terjadi.

happy try and happy blogging


Artikel Terkait Lainnya:

Newest Post
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Newest Post