Inilah Fungsi Dan Cara Cek IMEI Smartphone Samsung


Cara Cek IMEI Smartphone Samsung, Iphone, Oppo, Asus, LG  - Untuk sebagian orang mungkin nomor IMEI ini dianggap tidak penting, bahkan untuk anak alay yang hanya bisa menggunakan smartphone untuk posting -posting hal yang tidak penting menganggap nomor IMEI tidak berguna dan hanya sekedar nomor bisa saja.

Ketahuilah bahwa fungsi nomor IMEI ini sangat lah penting sebagai identitas dari smartphone anda, setiap ponsel baik android atau iphone dan yang mahal atau yang murah pasti memiliki yang namanya nomor IMEI.

Sesuai dengan namanya yaitu International Mobile Equipment Indentity bahwa nomor tersebut pasti berbeda di setiap ponsel, biasanya nomor IMEI berjumlah 15 atau 16 digit angka acak dan unik yang digunakan sebagai identitas dari smartphone tersebut.
Baca : Keren!!! kelebihan dan kekurang Oppo F7
Baca : Fungsi fitur NFC di Smartphone yang jarang dikatahui
Baca : Cara mudah cek samsung asli atau palsu

Cara Cek Nomor IMEI

jika anda pengguna samsung maka cara cek IMEI samsung cukup mudah, tapi menurut saya untuk mengetahui nomor IMEI di Samsung, Iphone, Oppo, Sony, LG, Assus atau yang lainnya sama saja yaitu dengan menggunakan kode dial *#06#, anda juga bisa mencarinya pada menu Setting - About Phone - Status atau anda bisa juga melihatnya pada dosbox ponsel itu sendiri.


di atas contoh jika anda mengetikan kode dial *#06# untuk melihat nomor IMEI Samsung


di atas merupakan contoh nomor IMEI jika anda mencarinya pada menu setting


jika masih menyimpannya, anda juga bisa melihatnya pada dosbox ponsel.

setelah mengetahui bagaimana cara cek IMEI pada smartphone, dibawah ini akan saya jelaskan beberapa fungsi nomor IMEI di smartphone.

Fungsi Nomor IMEI Di Smarphone

Setelah mengetahui bagaimana cara cek IMEI di smartphone, di bawah ini saya akan jelaskan apa sebenarnya fungsi dari IMEI ini.

jangan anggap remeh fungsi dari nomor IMEI, saya yakin sebagian besar orang pasti tidak menyimpan nomor IMEI dari ponsel yang dimiliki karena terlihat tidak penting. Dibawah ini saya akan jelaskan apa saja fungsi nomor IMEI.

1. Sebagai Indentitas Smartphone

Seperti yang sudah saya katakan di bagian atas pembahasan bahwa nomor IMEI itu sendiri berfungsi sebagai identitas dari smartphone seperti halnya KTP yang anda miliki.

Untuk itu mengapa nomor IMEI tersebut terkesan unik dan berbeda di setiap smartphone, maka dari itu menyimpan dan mengetahui nomor IMEI  smartphone itu wajib anda ketahui.

2. Menangkap Sinyal

Untuk beberapa ponsel yang mempunyai kelebihan khusus mungkin nomor IMEI tidak lah penting karena memang sudah di modifikasi dan di hack untuk hal yang lebih khusus lagi. Namun untuk sebuah ponsel pada umumnya nomor IMEI sangatlah penting karena bisa mempengaruhi kinerja sinyal yang di tangkap oleh smartphone.

Kasus pencurian nomor IMEI adalah hal yang biasa dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, jika nomor IMEI sebuah smartphone hilang maka sudah dipastikan smartphone tersebut tidak bisa menangkap sinyal dengan baik bahkan kehilangan daya tangkap sinyal.

3. Melacak Smartphone

Banyak yang tidak tahu bahwa sebuah nomor IMEI yang melekat pada ponsel yang anda gunakan bisa digunakan untuk melacak sebuah ponsel. Hal ini akan begitu sangat penting ketika anda mengalami musibah kehilangan sebuah smartphone kesayangan anda.

Cara melacak smartphone menggunakan nomor IMEI ini cukup mudah, caranya anda cukup datang ke gerai operator selular yang anda gunakan dengan memberikan nomor IMEI smartphone dan nomor kartu yang kita gunakan. Dengan cara tersebut smartphone yang hilang tadi bisa dilacak melalui sistem yang ada pada gerai operator yang anda gunakan.

Tidak hanya dengan datang di gerai kartu selular yang digunakan, anda juga bisa melacak smartphone yang hilang menggunakan teknologi google dengan catatan GPS smartphone aktif, terhubung ke internet dan smartphone anda dalam keadaan aktif.

sampai disini mungkin itu saja yang bisa saya ketahui tentang cara cek IMEI smartphone dan fungsi dari nomor IMEI di smartphone, mungkin jika anda para pembaca setia Ijo Gading mengetahui informasi lebih dari yang saya tulis di atas, anda bisa share ilmunya melalui kolom komentar tersebut karena admin sangat mengapresiasinya untuk lebih menambah wawasan sebagai penulis di Ijo Gading.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat


Artikel Terkait Lainnya:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser